Conference Systems Universitas Semarang, Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat 2021

Font Size: 
Marketing Mix di Masa Pandemi Covid 19 pada Komunitas Sulam Pita Binaan Lia Collection Gebangsari Semarang
Lulus Prapti N. S. Surjanti, Nuria Universari, Totok Wibisono

Last modified: 2021-09-06

Abstract


Komunitas sulam pita binaan Lia Collection merupakan komunitas beranggotakan ibu-ibu Dasa Wisma RT 03 di Kelurahan Gebangsari Kecamatan Genuk yang dibina Ibu Sri Andaliyah sebagai pendiri Lia Collection. Komunitas ini bergerak dalam pembuatan handycraft berbahan dasar kain dengan modifikasi sulam pita. Selama terjadinya pandemi Covid 19, komunitas sulam pita binaan Lia Collection mengalami berbagai kendala yang dapat mengancam kelangsungan hidup usahanya, diantaranya penurunan penjualan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan nilai ekonomis produk sulam pita melalui implementasi aspek marketing mix yang sesuai di masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan edukasi marketing mix melalui ceramah. Kegiatan ceramah yang dilakukan yaitu memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai implementasi aspek marketing mix pada kondisi pandemi covid-19 yang sedang terjadi di dunia dan secara khusus di Indonesia. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan pemahaman serta antusiasme ibu-ibu komunitas sulam pita binaan Lia Collection dalam mengimplementasikan marketing mix untuk meningkatkan bisnis sulam pita di masa pandemi covid-19.

Keywords


marketing mix; handycraft; sulam pita; covid-19

Full Text: PDF