Last modified: 2021-09-06
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi dan pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran daring serta untuk mengetahui seberapa efektif pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif melalui metode survey. Subjek penelitian ditentukan menggunakan purposive sampling yakni penentuan sampel dengan kriteria atau pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian survei menggunakan angket (kuesioner) yaitu dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah akuntansi selama pembelajaran daring sangat bervariatif yang ditinjau dari beberapa aspek belajar mengajar, aspek kapabilitas (kemampuan dosen) dan aspek sarana prasarana; (2) Pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Akuntansi dalam pembelajaran daring dapat dilihat dengan beberapa capaian yang ditunjukkan dengan keaktifan di kelas, ketepatan pengumpulan tugas, selalu mengerjakan latihan-latihan, mahasiswa dapat mengikuti, paham, jelas, nilai evaluasi harian/kuis/KHS memuaskan dan dapat membuat siklus akuntansi; (3) Kendala yang terjadi dalam pembelajaran daring antara lain tidak semua media mudah digunakan, selalu ada gangguan jaringan internet/sinyal yang disebabkan karena keberadaan lokasi dan kondisi cuaca, komunikatif/interaktif, keterbatasan kuota dan media yang sering error.